Cara Membersihkan Cincin Emas

2 November 2016

Tidak seperti perak, permukaan emas tidak akan lama-kelamaan mengusam. Meskipun demikian, emas masih mungkin menimbun kotoran dan debu dengan pemakaian normal. Untuk mengembalikan kilau cincin, gelang, kalung dan perhiasan emas berharga lainnya, Anda hanya membutuhkan peralatan rumah tangga dan beberapa bahan. Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini!

Membersihkan Perhiasan dengan Sabun Cuci Piring

1. Tuangkan beberapa tetes sabun cuci piring cair ke dalam mangkuk berisi air hangat (bukan air panas). Campur perlahan-lahan. Meskipun air keran biasa dapat digunakan, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda sebaiknya menggunakan air berkarbonasi bebas natrium atau club soda. Karbonasi dalam air ini dapat membantu melonggarkan akumulasi debu dan kotoran. Jangan gunakan air panas atau air mendidih, terutama jika perhiasan Anda berisi batu mulia yang rapuh. Beberapa batu mulia, seperti opal, bisa retak jika mengalami perubahan suhu yang cepat dan drastis

2. Rendam perhiasan emas dalam larutan yang sudah Anda buat. Diamkan perhiasan di dalam larutan selama sekitar 15 menit. Selama terendam, air sabun yang hangat akan bekerja melalui celah-celah dan lekukan dan melonggarkan akumulasi kotoran yang sulit dijangkau.

3. Gosok lembut perhiasan dengan sikat gigi berbulu halus. Gosok masing-masing bagian dari perhiasan sambil memberikan perhatian khusus pada sudut dan celah yang mungkin menyembunyikan kotoran. Gunakan sikat yang sangat lembut, semakin lembut semakin baik. Bulu sikat yang kaku dapat menggores permukaan perhiasan. Jika perhiasan Anda adalah perhiasan berlapis emas (bukan emas seluruhnya), bulu yang sangat kaku bahkan dapat menghilangkan lapisan emas seluruhnya!

  • Sikat khusus pembersih perhiasan adalah yang paling baik, tetapi sikat yang paling kecil dan lembut (seperti misalnya, sikat alis) juga dapat digunakan.

4. Bilas masing-masing perhiasan dalam air hangat. Pembilasan yang baik akan membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran yang telah dilonggarkan oleh proses penyikatan. Sekali lagi, pastikan air tidak panas, terutama jika perhiasan Anda berisi batu perhiasan rapuh.

  • Jika Anda membilas perhiasan Anda di wastafel, pasang atau menutupi saluran pembuangan sehingga Anda tidak sengaja menghilangkan perhiasan Anda jika perhiasan tersebut lepas dari tangan Anda. Atau, bilas perhiasan Anda dalam saringan pasta saringan atau kopi.

5. Serap kering dengan kain lembut. Setelah itu letakkan perhiasan di atas handuk agar kering sepenuhnya oleh udara sebelum memakainya lagi. Jika perhiasan Anda masih basah, pemakaiannya dapat memerangkap kelembaban yang menempel pada kulit, dan menimbulkan iritasi kulit ringan.



Baca juga
  »
23 September 2017
Cara Merawat Cincin Palladium
cara merawat cincin palladium

  »
18 September 2017
Toko Cincin Nikah Palladium di Tangerang
alamat toko cincin nikah palladium di Tangerang

  »
18 September 2017
Toko Cincin Nikah Palladium di Surabaya
Alamat toko cincin nikah palladium di Surabaya

  »
29 Februari 2016
Cincin Kawin Sidik Jari
Cincin kawin motif sidik jari

  »
5 Februari 2016
Jual Cincin Kawin Emas Putih
Jual cincin kawin emas putih model terbaru

  »
12 Desember 2015
Tentang Cincin Kawin Palladium
Tentang Cincin Kawin Palladium